Delapan Unit Kerja Ikuti Pelatihan Media

Bymedia lp3

Delapan Unit Kerja Ikuti Pelatihan Media

Selama dua  hari (23-24 Maret 2016), Pusat Pengembangan Kurikulum, Media Pendidikan, MKU dan MKDK  LP3 Universitas Negeri Semarang menyelenggarakan Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Andorid. Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Aston Semarang tersebut diikuti oleh 32 dosen dan 8 teknisi media dari  8 unit kerja yakni FIP, FBS, FIS, FE, FIK, FMIPA, MKU MKDK dan Unit Media.

Dalam laporan di pembukaan acara, Dr. Isnarto, M.Si selaku ketua panitia menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan  wujud nyata kontribusi  Pusat Pengembangan Kurikulum, Media Pendidikan, MKU dan MKDK  dalam turut serta memberikan bekal kompetensi media bagi dosen dan teknisi media  Unnes. Kemajuan teknologi komunikasi mobile, merupakan tantangan bagi praktisi pendidikan, untuk dapat memanfaatkan hasil teknologi tersebut sebagai media komunikasi pembelajaran.

Mahasiswa Program Studi Kependidikan sebagai guru masa depan, perlu mempunyai kompetensi unggul di bidang media pembelajaran. Salah satu keunggulan yang dapat dikembangkan adalah penguasaan bidang mobile learning dalam mendukung optimalisasi pembelajaran. Untuk dapat memberikan bekal tersebut, dosen dan teknisi  perlu meningkatkan kompetensi bidang mobile learning. Peserta pelatihan ini dipilih secara selektif melalui pengisian aplikasi secara online. “Kami ingin peserta pelatihan betul-betul berminat dengan kegiatan ini dan bukan atas dasar penugasan kelembagaan”, ungkap Ketua Panitia.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Sekretaris LP3 UNNES. Dalam sambutannya, Dr. Sugianto, M.Si berharap kegiatan ini menghasilkan produk media berkualitas yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran dan dipublikasikan melalui Lumbung Media. “Lumbung Media LP3 sebagai tempat dokumentasi dan publikasi produk media perlu terus ditambah isinya”, ungkapnya.

Panitia penyelenggara menghadirkan Riza Arifudin, S.Pd, M.Cs. sebagai narasumber. Dosen Ilmu Komputer FMIPA UNNES tersebut mengajak peserta pelatihan untuk memproduk media melalui AppInventor2. Dalam praktik, narasumber dibantu oleh dua anggota Mathematics Computing Club (MCC) yakni Abdul Hariyanto dan Faozi.

About the Author

media lp3 editor

Leave a Reply